How to Focus on the Process Instead of the Outcome

Does doing your very best bring you joy? Do you generally put forth your best effort, or is there something in the way of striving for excellence?
Apakah melakukan yang terbaik membuat Anda bahagia? Apakah Anda pada umumnya mengusahakan yang terbaik, atau adakah sesuatu yang menghalangi usaha anda mencapai keunggulan?

Ketika kita menyaksikan sebagian besar anak kecil belajar berjalan, mereka sangat tekun melakukannya. Fakta bahwa mereka jatuh berkali-kali tampaknya tidak mengganggu mereka sama sekali. Tetapi apa yang akan terjadi jika setiap kali anak itu jatuh, orangtuanya menjadi marah dan meneriaki anak itu karena jatuh, mempermalukan mereka karena gagal? Sangat mungkin bahwa anak akan menjadi takut mencoba berjalan, dan kemampuan mereka untuk bisa berjalan akan sangat tertunda.

Saya belum pernah melihat orang tua melakukan hal ini kepada seorang anak, tetapi saya telah melihat banyak orang melakukannya kepada dirinya sendiri.
Pikirkan tentang apa yang Anda katakan pada diri sendiri ketika Anda berpikir untuk melakukan sesuatu yang baru – seperti kembali ke sekolah untuk berganti karier, belajar terbang, pindah ke kota baru atau mempertimbangkan tentang pernikahan.

Apakah ini Anda?
• Bagaimana jika saya gagal?
• Bagaimana jika saya membodohi diri sendiri?
• Apa yang akan orang pikirkan tentang saya jika saya tidak melakukannya dengan baik?

Atau apakah ini Anda?
• Betapa menarik – tantangan baru!
• Saya akan menikmati, memasukkan semua yang saya miliki ke dalam ini!
• Saya suka mencoba hal-hal baru dan belajar hal-hal baru!

Ada satu perbedaan besar antara keduanya: Yang pertama adalah tentang hasil dan yang kedua adalah tentang proses.
Ketika Anda fokus pada hasil dan Anda mengkaitkan nilai Anda pada hasil, Anda akan menemukan diri Anda sangat resisten untuk mencoba hal-hal baru dan mengerahkan upaya terbaik Anda. Ketika Anda mendefinisikan nilai Anda dengan kinerja Anda daripada upaya Anda, Anda menghentikan diri Anda mati di gerbang awal.

Ketika nilai diri Anda melekat pada upaya yang Anda lakukan dan menunjukkan yang terbaik, maka proses itu sendiri menjadi menarik dan bermanfaat, terlepas dari hasilnya. Faktanya, orang-orang yang mendefinisikan diri mereka melalui usaha yang dilakukan, bukan pada hasil, tidak berpikir banyak tentang hasilnya. Walaupun mereka memiliki tujuan, dan mereka tentu ingin mencapai tujuan mereka, mereka tidak fokus di masa depan pada tujuan. Sebaliknya, mereka ada di saat ini, mengerahkan upaya penuh dalam keinginan mereka untuk menjadi apa yang mereka bisa.

Jika Anda menemukan diri Anda macet atau terhambat dalam kehidupan Anda di area mana pun, lihat ke dalam diri Anda untuk melihat apakah fokus Anda adalah pada hasil dan pada apa yang orang pikirkan tentang Anda, atau jika Anda fokus pada saat ini, terlibat sepenuhnya dalam proses. Perhatikan jika Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa nilai dan kecerdasan Anda melekat pada hasil dan pada apa yang orang pikirkan tentang Anda, atau untuk sepenuhnya mengekspresikan dan memanifestasikan hadiah dan bakat Anda.

Jika Anda tidak pernah mengerahkan upaya penuh karena takut gagal, Anda tidak tahu seberapa dalam kepuasan yang didapatkan ketika memberikan segalanya untuk sesuatu. Orang-orang yang takut gagal takut untuk memberikan segalanya, karena jika gagal, mereka selalu bisa berkata, “Yah, saya tidak memasukkan semua yang saya miliki.” Orang-orang yang memberikan segalanya dan gagal mengatakan, “Saya belajar banyak dari pengalaman ini yang akan membantu saya dengan baik di lain waktu.”

Kami tidak datang ke planet ini untuk melindungi dari kegagalan. Kami datang untuk memanifestasikan diri sepenuhnya dan dengan penuh kegembiraan, menawarkan cinta, hadiah, dan bakat kami satu sama lain dan planet ini. Hari ini, mengapa tidak mengabdikan diri untuk upaya dan keunggulan?

Artikel terjemahan dari:
https://www.huffpost.com/entry/fear-of-failure_n_969503…

Leave a comment