Tips Mengembangkan BAKAT Kepemimpinan

by Dono Baswardono

Ingin anak Anda nanti jadi Presiden? 🙂
Ikuti 10 tip di bawah ini agar ia mampu menjadi pemimpin yang melayani dan bekerja.

1. Pelihara dan rawat hubungan emosional yang dekat antara anak dan orangtua. Hubungan yang kuat adalah pondasi yang mempengaruhi seluruh kehidupan anak. Kedekatan dengan orangtua membuat anak lebih mampu mengembangkan sifat-sifat positif dan memiliki daya tahan terhadap stres yang lebih tinggi – hal yang nanti sangat ia butuhkan sebagai pemimpin di masa depan.

2. Kembangkan pula kecerdasan sosial, emosional, dan moral. Apabila sedari kecil anak sudah peduli pada kebutuhan orang lain, menyayangi semua orang di sekitarnya – tanpa membedakan golongan, dan memiliki empati yang mendalam terhadap pengalaman dan perasaan orang lain, maka kelak ketika dewasa ia akan menjadi pemimpin yang mampu mendengar dan sekaligus melayani.

3. Harga diri yang positif akan menguat seiring dengan berbagai pencapaian dan keberhasilan anak. Jangan persempit hal ini hanya dengan prestasi akademik. Bukan hanya itu. Tak sedikit anak pintar yang kurang percaya diri. Sebaliknya, jika ia berhasil mengatasi problem-problem dalam kehidupannya, seperti mengatasi rasa malas bangun, merasa puas telah membereskan tempat tidurnya, bangga sudah membantu adiknya mengerjakan PR, atau nyaman setelah menolong seorang nenek menyeberang jalan, maka ia menjadi anak yang percaya diri, tetapi dengan harga diri yang sesuai dengan potensi dirinya – bukan harga diri yang terlalu tinggi. Anak yang memiliki hubungan sosial yang sehat – terutama mampu merawat hubungan baik dalam jangka panjang – juga cenderung memiliki rasa percaya diri yang sehat.

4. Bersiaplah untuk mendengarkan, untuk menyimak ketika anak Anda siap untuk bicara.

5. Bergembiralah bersama anak Anda. Waktu-waktu yang menyenangkan dan nyaman adalah pondasi yang baik bagi kesehatan mental anak dan kesejahteraan keluarga.

6. Hindari pembandingan. Tiap anak berbeda. Tiap anak mempunyai kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Perkuat bakat masing-masing.

7. Biarkan anak Anda melakukan sendiri sebanyak mungkin hal. Cara tersingkat dan termudah membunuh bakat kepemimpinan adalah dengan mengerjakan segala hal untuk anak. Meskipun Anda punya lima pembantu, jauh lebih baik jika anak mengerjakan sendiri segala kebutuhan hidupnya. Anak yang tidak mandiri tidak akan pernah menjadi pemimpin yang berhasil. Kemandirian menggambarkan tingkat kematangan pribadinya.

8. Perbanyak dan perluas kesempatan anak membantu orang lain. Biarkan ia belajar bahwa menolong orang lain dapat membuatnya merasa baik, nyaman, dan tenang serta damai. Membantu orang lain membuatnya merasa bahagia. Dan kebahagiaan dari membantu orang lain itu, rasanya sungguh berbeda dari kebahagiaan jenis lainnya. Melayani adalah kebahagiaan tertinggi.

9. Sadari, Anda tidak dapat mengembangkan bakat kepemimpinan anak sendirian. Anda juga membutuhkan bantuan orang lain. Bersikaplah terbuka terhadap pengaruh guru anak Anda, pengaruh pelatih olahraganya, atau kakak pembina Pramukanya, serta mentor pendewasaan lainnya.

10. Jangan pernah menyerah. Kepemimpinan dan kecakapan hidup tidak berkembang dalam semalam. Perlu proses yang sangat panjang. Semua langkah itu mesti dijalani. Sikap teguh dan gigih Anda ini juga sekaligus menjadi teladan bagi anak Anda. DB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s