HAFALAN ATAU PEMAHAMAN?

by Yuliana Dewi dari diskusi LRD Member FB Group

Bagaimana caranya mengetahui anak paham atau tdk sih kata yg diajarkan?

Huh.. topiknya aja susah amat ya… tp memang ini banyak banget dialami oleh orgtua ABK. Bingungnya byk jenis, ada yg bingung ini echolalia aja, apa ngerti? ini cuma hafalan aja atau paham? kok gak dipake utk komunikasi?

Bahasa ada nonverbal (receptive dan sign language dan pecs), ada jg yg verbal (dgn suara). Meskipun anak bs verbal, kalo menurut saya (udah tau donk disclaimernyaaa), selalu dimulai dgn tahapan yg paling dsr dulu.

1. MATCHING – menyamakan gambar dgn gambar atau gambar dgn benda, yg identical (sama) dan non identical (sejenis tp gk sama persis)

2. RECEPTIVE IDENTIFICATION – ini mengajarkan anak utk paham instruksi. Jgn langsung masuk yg 3 step 4 step yeh, kelewatan namanya. Stlh matching master, masuk ke REC, contohnya? belajar warna deeehh (kan paling suka terapis ngajarin warna, pdhal saya jg bingung kemana prioritasnya), warna MERAH (bu Novy Nra Mokobombang… dijelasin lagi nih, perhatikan, hahaha). Pake kartu atau balok warna merah. Pertama td menyamakan, andaikan udah bs nih. Masuk receptivenya, dgn cara : TUNJUK merah (gak perlu dulu embel2 “warna” tergantung level anak), kl dia gk respon, bs di PROMPT (nah ini makanya kudu masuk REC krn bs kita prompt dan anak non verbal pun bs melakukannya tanpa hrs punya modal suara dulu). Saya gk bahas byk ttg Prompting nya disini, bs sampe pagi ngetiknya.
Hati2 dgn REC krn anak suka banget baca body language kita, posisi kartu, lirikan mata, gesture yg soft sekalipun mrk bs baca. Jadi hrs benar2 observasi dibulak balik pake cara apa jg udah ngarti. Bisa dgn KASIH merah (kl gak ngarti kasih, tangan kita spt minta).

3. EXPRESSIVE / TACTING / LABELLING – ini fase verbal. jd kita pegang kartu atau balok warna merah, dan sebutkan “MERAH”, gak perlu dulu embel2 lain kl anak blm pd tahap verbal yg banyak. Bs dikembangkan pelan2. Nah, ada anak yg memang kesulitan mengeluarkan suara yg mirip, bs jadi 2 hal : PENDENGARAN kurang maximal (ini ada hubungan dgn AIT – frekuensi suara yg didengar anak dan memilah background noise – jd anak sulit dengar yg jelas), atau ORAL MOTOR (kl ini perlu speech therapy dgn oral motor, atau “PROMPT” menthod – hanya ada di usa, ausie dan spore, ini dikarenakan anak msh kesulitan membentuk suara yg diinginkan. Jd yg mana donk yg masalah di anak? gak tau saya… hahaha… diobserve lagi. ini nanti deh bahasnya di lain waktu. Tapi kl anak bs konstan bentuk suara yg mirip tp gak perfect, mnrt saya gk masalah. Knp? krn bagi saya, lebih susah ngajarin KONSEP KOMUNIKASI drpd membentuk suaranya. Jadi kl anak bs berkomunikasi secara REC saja (dgn bantuan sign language atau pecs), itu dia paham konsep komunikasinya, tinggal speakernya kl kebuka, lgs jorrrr..

4. MANDING / REQUESTING. ini yg paling susyeeehh dan banyakan kagak dilakukan.. ini fase saat anak sdh bs verbal, atau blm full verbal pun gpp tp sdh bs membentuk suara berbeda dan spesifik utk kata tertentu, jd kata “merah” mungkin dia bilang “rah” atau “ah”. Kalo dia bilang “MAH”, nah itu mungkin butuh AIT. Jd di rumah, kita lakukan fase ini. Makanya balik lagi, mbok ya yg diajarin kata2 yg FUNGSIONAL yg ada di hari2 anak, bukan warna, shape, angka, alphabeth, capek deeehhhh… kecuali itu mrk suka, ada yg suka banget dgn angka atau huruf.
Kl mrk tau 2, 3 kata aja yg fungsional, spt contohnya BOLA (kl dia suka main bola), GULING (kl demen meluk guling), kl mrk udah bs, meski blm lancar, kita hrs batasi akses mrk ke benda2 tsb, bukan dihilangkan dr pandangan mata, krn kl non verbal yg ada ngamuk nyari dan dia gk bs nunjukin kan, gmn ngasih tau kita apa maunya?
taruh di tempat yg keliatan tp gak terjangkau, atau kita yg pegang. saat mrk mau ngambil, kita tahan dulu, trus bilang “BOLA” dgn penekanan pd kata benda yg diinginkan. Toloooong deh, kl anak blm verbal, gak usah pake kalimat lengkap, ya tambah mumet tah, pake “saya mau atau saya minta bola”. hadoh, makin sulit kan. Yg INTI nya dulu aja lah. Yg ada nanti semuanya anak pake “mau”, krn itu yg konsisten selalu ada tiap kali dia mau sesuatu. Nah kl ngamuk2 guling2 di lantai cuma bilangnya “mau mau”, apa gak modar bapak emaknya?
Saat kita prompt dgn BOLA, anak kl gk mau, jgn kasih dulu (baca situasi, drpd ngamuk, kita hrs percpt proses, jgn ngotot, pick your battle), lanjutkan lagi.. BOLA, dia kl cuma “ah” atau “a”, langsung feedback “Bagus… BOLA”, lalu dikasih.

5. GENERALISASI / NATURAL ENVIRONMENT TEACHING – huh ini lbh ribet lagi. kapan2 aja ya dibahasnya, soalnya sulit banget ditulisan kasih contohnya, gampangnya ngasih liat langsung. Tapi ini sangat penting krn kebykan kita kurang aware dgn generalisasi ini shg buntutnya anak tdk gunakan kata2 yg dia pelajari utk sehari2nya.

Kesimpulannya? capek deeehhh…
Saya suka sarankan buat TABEL, kata2 yg diajarkan, kata yg fungsional yg berkenaan dgn anak setiap harinya. Kmdn buat KOLOM, dari matching, REC, EXP, MAND, NET. setiap bs, dikasih conteng dan tglnya. ini utk kita monitor lbh mudah, anak kemajuan bgm. dan set target jg, hrs brp kata sebln.

Udahan yaaaaaa… tenaga dalam sdh habis…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s