Tips Mengurangi Stres Anak

by Dono Baswardono

Ada banyak cara orangtua bisa menolong anaknya mengatasi stres dan situasi penuh stres.

– Jangan mencoba menyelesaikan semua hal untuk anak Anda. Hindari memberi nasehat. Kadang-kadang dengarkan saja. Jika anak merasa sungguh-sungguh didengar sudah cukup mengurangi stres mereka.

– Sambil mendengar, ajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong anak Anda untuk memikirkan keadaannya secara menyeluruh. “Lalu apa langkah berikutnya?” atau “Bagaimana seharusnya kamu mengatasi hal itu?” adalah pertanyaan yang bagus. Juga, ajukan beberapa pertanyaan “bagaimana kalau…?”

– Bantu anak-anak untuk mendengarkan diri sendiri. Misalnya dengan teknik “saat-saat hening” di mana anak-anak bisa mendengarkan suara-suara alam seperti tetesan hujan atau ombak menerpa pantai, atau detak jantungnya sendiri, juga mendengarkan rekaman suara ikan paus, lumba-lumba atau kicau burung.

– Dorong anak-anak untuk meluangkan waktu menyimak pikiran-pikiran mereka sendiri. Jika mereka merasa bebas untuk mengungkapkan pikiran-pikirannya mengenai suatu keadaan, maka banyak hal mendadak menjadi jelas.

– Bisa juga anak-anak melakukan pernafasan diafragma. Pernafasan dangkal menyebabkan keluarnya kortisol, hormon yang menimbulkan stres. Sebaliknya, dengan pernafasan dalam yang efektif, bisa menyebabkan rasa santai dan tenang.

– Gunakan musik berirama yang menenangkan, bahkan suara drum sederhana, untuk membantu anak melonggarkan ketegangan otot-ototnya. Sekarang juga banyak dijual lukisan air terjun, lengkap dengan suara air mengalir yang menenangkan.

– Jangan lupakan olahraga yang bisa melepas ketegangan dan stres. Ini bermanfaat bagi anak-anak maupun Anda. Biarkan anak-anak mengajak anjing mereka berjalan-jalan, melakukan senam atau berjalan di treadmill jika hari hujan. Setiap gerakan yang mereka nikmati akan bisa menyapu pergi stres.

– Orangtua juga bisa memicu banyak stres pada anak. Karena itu, langkah pertama adalah kendalikan dan atasi stres Anda sendiri. Baru kemudian membantu anak mengatasi stres mereka. Persis seperti petunjuk pramugari di pesawat: “Pasang dulu masker udara Anda, baru kemudian membantu memasangkannya pada anak Anda.” DB

Dr. Dono Baswardono, Psyh, Graph, AISEC, LMFT, MA, Ph.D – Marriage & Family Therapist, Psychoanalyst.
Untuk penjadwalan konsultasi, hubungi Hita di 0878-8170-5466

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s