Gaya Belajar Anak

by Dono Baswardono

Anda tentu tahu bahwa mayoritas guru di Indonesia mengajar secara verbal. Mereka banyak bicara, bla…bla… hampir untuk semua mata ajaran. Bahkan sebagian guru tetap memakai gaya verbal ketika mengajarkan materi yang mestinya diajarkan dengan gaya berbeda, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, kewargaan, dan agama.

Nah, gaya mengajar verbal itu punya pasangan klop: murid-murid yang gaya belajarnya auditoris. Materi pelajaran cepat meresap, cepat difahami, cepat terhafalkan lewat pendengaran.

Tentu saja, gaya mengajar verbal itu tidak sesuai untuk anak-anak dengan gaya belajar lain: kinestetik, metakognitif, visual, sosial-emosional. Padahal, jumlah anak yang gaya belajarnya auditoris itu hanya sekitar 20-an persen. Artinya, sekitar 80 persen anak bukan merupakan pasangan sejati guru-guru bergaya mengajar verbal.

Bagaimana prestasi mereka? Bukan berarti tidak bisa berprestasi. Bisa berprestasi tetapi kurang optimal. Terlalu banyak energi mental terbuang sia-sia untuk berprestasi. Bukan hanya energi mental anak-anak, tetapi juga orangtuanya. Terlalu banyak waktu dan usaha yang orangtua lakukan untuk menasehati, memarahi, mengingatkan anak untuk belajar dan berprestasi.

Padahal semuanya menjadi lebih mudah, murah, dan menyenangkan serta menenangkan bila orangtua dan anak mengetahui dan memahami gaya belajarnya. Satu hal yang jelas: kita tidak bisa memaksakan pihak sekolah dan guru agar mengubah gaya mengajarnya agar sesuai dengan gaya belajar tiap anak (walau pun ini kondisi ideal). Jadi, anak-anak dan orangtua yang mesti mengubah strategi belajarnya.

Caranya? Identifikasi gaya belajar anak, lalu pelajari berbagai macam teknik belajar sesuai dengan gaya belajar tersebut.

Bagaimana cara identifikasi gaya belajarnya?
Ikutkan anak Anda dalam acara identifikasi bakat, kecerdasan, gaya belajar, kepemimpinan, dan kepribadian yang dilakukan oleh Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, LMFT, MA, Ph.D – Marriage & Family Therapist, Psychoanalyst, lewat metoda Graphology Psychodiagnostics.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s