Apakah Dyspraxia itu?

Terjemahan mentah dari post dibawah

Apakah dyspraxia itu?

dyspraxia

Dyspraxia dapat mempengaruhi setiap atau semua area perkembangan – intelektual, emosional, fisik, bahasa, sosial dan sensorik – dan dapat merusak proses normal seseorang belajar. Biasanya dikatakan adanya penurunan atau ketidakmatangan organisasi gerakan, tapi mungkin juga terkait dengan ini masalah pada bahasa, persepsi dan pemikiran.

Masalah akan timbul dalam proses pembentukan ide-ide, perencanaan dan pelaksanaan motorik, karena orang-orang dengan dyspraxia memiliki pemahaman yang buruk dari pesan yang disampaikan indra mereka dan kesulitan yang berkaitan pesan tersebut ke tindakan.

Ini berarti sulit untuk mempelajari aktivitas fisik, sulit untuk mempertahankan, dan ragu-ragu juga canggung dalam tindakan.

Dyspraxia mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda dan pada tahap perkembangan yang berbeda. Bagaimana seorang individu dipengaruhi tidak konsisten juga. Misalnya, suatu hari mereka mungkin dapat melakukan tugas tertentu, keesokan harinya mereka tidak bisa.
Penyebab dyspraxia

Apa pun yang melukai otak dapat menyebabkan dyspraxia. Ini mungkin karena sel-sel tidak berkembang dengan baik selama perkembangan bayi dalam kandungan, atau kekurangan oksigen selama proses kelahiran. Ini dapat mengikuti kerusakan otak yang disebabkan oleh penyakit, stroke atau kecelakaan di kemudian hari. Seringkali tidak ada penyebab yang jelas.
Gejala dyspraxia

Anak-anak dengan dyspraxia mungkin terlambat dalam mencapai milestones, dan mungkin tidak dapat berlari, melompat, misalnya, ketika teman-teman mereka bisa. Mereka mungkin merasa sulit untuk berjalan naik dan turun tangga, dan mungkin tidak mampu untuk memakai pakaian dengan mudah. Cara bicara mereka mungkin immature atau tidak mudah dimengerti ketika mereka masih kecil. Bahasa mungkin terganggu atau terlambat untuk berkembang.

Di sekolah, anak dengan dyspraxia mungkin mengalami kesulitan dengan matematika dan menulis karangan. Mereka mungkin menghindari permainan, lambat memakai pakaian dan tidak mampu mengikat tali sepatu, menjadi kurang terorganisir atau memiliki rentang perhatian yang pendek. Mereka mungkin merasa sulit untuk mengingat dan mengikuti instruksi. Tulisan tangan yang jelek adalah salah satu gejala yang paling umum.

Orang dewasa dengan dyspraxia sering menemukan tugas-tugas rutin sehari-hari seperti perawatan pribadi, mengemudi dan pekerjaan rumah tangga sulit dilakukan. Mereka mungkin merasa sulit untuk mengatasi persoalan di tempat kerja dan memilih keluar dari hal-hal yang mereka anggap sulit dilakukan. Mereka mungkin mengalami masalah naik sepeda dan bermain olahraga tertentu, seperti yang melibatkan menggunakan bat. Gerajab mereka mungkin canggung.
Mendiagnosis dyspraxia

Dyspraxia sering digambarkan sebagai masalah tersembunyi, karena anak-anak dengan kondisi tampak tidak berbeda dengan mereka yang tidak memilikinya.

Hingga sepuluh persen dari populasi dapat menunjukkan gejala dyspraxia, dengan sekitar dua persen yang terkena dampak parah. Laki-laki empat kali lebih mungkin akan terpengaruh dibandingkan perempuan. Dyspraxia kadang menurun dalam keluarga.
Treatment untuk dyspraxia

Sangat tidak mungkin untuk menyembuhkan dyspraxia, namun mereka yang terkena dapat mempelajari cara-cara untuk menghindari kesulitan mereka sehingga mereka dapat mencapai potensi maksimal mereka.

Ini melibatkan pendekatan tim, menggunakan keterampilan spesialis yang berbeda. Ini mungkin termasuk terapis okupasi, terapis wicara dan bahasa, psikolog dan guru spesialis, sesuai dengan kebutuhan spesifik dari individu.

Para spesialis harus memberikan saran dan latihan untuk membantu orang dengan dyspraxia belajar bagaimana melakukan tugas-tugas sehari-hari bermasalah dan kegiatan, dan untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis. Mereka juga mungkin memberikan nasihat tentang modifikasi perilaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s