Ekspo Peduli Autisme 2010: Kado Terbaru

dari website Yayasan Autisma Indonesia

Ada kado terbaru dari AUTISM EXPO 2010.

Tentunya banyak pertanyaan, apakah panitia memberikan kado pada saat Autism Expo? Siapa yang memberikan kado ya? Maria dapat kado terbaru pada saat Autism Expo… penasaran kado yang terbaru??? ini ceritanya.

Kelelahan persiapan, bersamaan tumpukan kerjaan kantor dan masalah rumah tangga rutin.., tersirat dalam pikiran… apakah masih mungkin tahun-tahun selanjutnya aku aktif, sebagai panitia, mungkin tidak hanya  melihat keberhasilan expo berlangsung. Tapi lebih dari itu goalnya penerimaan, pemberiaan fasilitas infrastruktur, pendidikan bagi penyandang autis sebagai keberhasilan yang kita tidak bisa lihat dalam sekejab. Perjuangan terasa panjang dan melelahkan, namun hasil tidak instant. Sebagai panitia kelelahan sangat pasti melanda… namun disaat ketermenunganku… tiba-tiba panitia heboh… dengan adanya kehadiran tiba-tiba seorang anak di ruang bermain, anak pria berumur 12 tahun dan autis dengan permasalahan akut self injury dan saat saya lihat, sudah didekap pak Taufik, tangan dan kakinya sudah rusak karena menghajar dan menendang tembok di rumah sampai kakinya retak berdarah (kata ibunya temboknya dirumah penuh darah), mukanya sudah penuh dengan bekas cakaran, tangan kanannya selalu memukul pelipisnya yang sudah bonyok… berulang-ulang dia memukuli dirinya, membuat pak Taufik kewalahan… dia berteriak dan didekap ibunya bergantian, saat didekap pun dia memukuli dirinya terus. Aduh, aku seorang ibu dan refleks aku juga ikut jagain tangan nya untuk tidak menjatuhkan serangan kepada pelipisnya, keadaan itu tidak bisa distop, pemandangan yang membuat HATIKU HANCUR… hancur sekali…

Ibu dari anak itu bertanya SIAPA yang DAPAT MENYEMBUHKAN ANAK saya??? Dengan menangis aku pegang in terus itu anak supaya tidak memukul dirinya sendiri, pak Taufik pun berusaha keras mendekap memberikan rasa nyaman, sampai kehadiran dr. Melly memecah suasana, dan memberikan rujukan untuk mengirim anak tersebut ke Rumah Sakit Jiwa Grogol bagian anak. dr. Melly menyarankan anak  tersebut tidak dibawa ke tempat yang hingar bingar. Lalu anak itu mau dibawa pulang dan hendak mencengkeram saya, name tag saya ditariknya, dan saya elus tangannya , dan tiba tiba ibu tersebut mengeluarkan karet ke arah tangan anaknya lalu anaknya melepas name tag saya,… (ternyata si ibu juga memberikan kekerasan pada anaknya) . Lalu anak itu berlalu …namun saya terisak isak di ruang panitia …bagaikan protes dengan sang Pencipta…aku tahu aku harus bersyukur dengan keadaan M, namun saya juga gak bisa terima keadaan anak tersebut…lalu dalam nurani saya ada suara kecil, “MARIA teruslah berjuang, terus berjuang jangan lelah….” (inilah kado terbaru ) dari Pencipta…Saat engkau kelelahan lihatlah Dia memberi Engkau KEKUATAN, dan jangan melihat hanya keadaan anak anak kita, tapi mulailah tergerak hati berjuang untuk anak-anak yang kita tidak kenal yang masih sangat membutuhkan informasi, petunjuk.

Ternyata kado tidak satu saja ku dapat, terlalu istimewa, dalam sharing seminar, ada seorang ibu, anaknya penyandang autis, sakit ginjal dan mendapat epilepsi… bukan hanya itu saja, ada konflik rumah tangga yang berujung perceraian, dan selain itu dia juga harus memotivator anaknya yang kedua untuk ujian SD ke SMP…. Saat kudengar sharing ibu itu, tentunya menetes kembali air mataku, selain itu kudengar disamping ada isakan juga, ternyata Evita mama A juga menangis, terlalu istimewanya kita, dapat kado lagi… membawa sharing tersebut ke kehidupan nyata kita, masing masing, tentunya tiap orang punya kado istimewanya masing masing,…Tapi semua panitia sama , kalau gue mungkin dah GILA, itu kalimatnya… kita memandang sama bahwa kehidupan ibu itu sangat berat… tapi ibu itu berkata terakhir. HIDUP adalah SENI, bagaimana kamu mampu mengalahkan kesedihanmu, bagaimana kamu mampu mengatasi persoalan hidupmu, dan bagaimana kamu mampu bertahan dalam masalahmu itu lah KESUKSESAN….ibu itu sukses… dengan masalah BERATnya mengatasi satu persatu dengan kekuatan Pencipta… Mengapa kita putus asa???

Kado terindah juga, aku ditanya SUDAHKAH aku Bersyukur SETIAP HARI atas semua YANG sudah kesuksesan dalam menangani M, kesuksesan dengan pasangan hidup, sukses dalam tetap sabar di setiap permasahaan?????

Banyak istimewa, dan semoga tulisan ini juga merupakan kado buat para ibu, ayah ….

Autism Expo ternyata kelelahan ku semua terbayar dengan kado istimewa ke3… ternyata saat ada  banyak anak anak autis yang ngumpul, ada dewasa, seumur M, ada yang selalu loncat–loncat terus, ada yang selalu muterin tempat bazaar (kalah panitia bazaar), ada yang terus melirik, ada yang tantrum, kita melihat ada yang anaknya sudah maju , ada yang anaknya sudah besar cuma loncat loncat terus, ada yang gak jadi ke bazaar karena anaknya gak mau naik, seremnya lagi ada sharing anaknya umur 10 tahun kena epilepsy, dan ada seminar cenderung 40% anak autis kena epilepsy (sedih ), ada ibu yang jarinya mau putus karena menahan kejang anak, ada  ibu yang kejar-kejaran dengan anak, ada yang anak menangis karena pensilnya diambil oleh anak autis, ada yang merengek minta balon , tapi sudah dapat, balonnya pecah gak nangis tuh, heeee. Wah, semuanya situasi menambah semarak autism expo tahun ini. Banyaknya anak-anak diperlihatkan kepada aku, membuat aku tetap memutuskan untuk setia berjuang, apapun bentuknya untuk bentuk kepedulian….walau kita punya masalah, tapi dengan melihat juga bukan hanya kita… juga sedikitnya menguatkan kita..

DARI MANAKAH KEKUATAN kita??? DARI KADO istimewa yang diberikan untuk kita melalui orang–orang yang terlintas dalam hidup kita… seberapa
ISTIMEWAnya… Untuk kita…RENUNGkan lah,…

Semoga sharing ini bermanfaat..

Leave a Reply

