Apakah Autisme Itu?

Tulisan berikut saya ambil dari Notes Facebook Ibu Moechiam Herniwatty, yang mengutipnya dari flyer Kampanye Peduli Autis 2007

AUTISME
adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia 3 tahun.
Autisme lebih banyak terjadi pada laki2 daripada perempuan, dengan perbandingan 4:1.

PENYEBAB AUTISME
Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.

GEJALA
Gejala yang sangat menonjol adalah sikap anak yang cenderung tidak memperdulikan lingkungan dan orang-orang disekitarnya, seolah menolak berinteraksi dan berkomunikasi, serta seakan hidup di dunianya sendiri. Anak-anak autis juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal.

Disamping itu, seringkali tampak perilaku aneh yang dilakukannya berulang-ulang ( perilaku stimulasi diri), seperti berputar-putar, mengepak-ngepakkan tangan, berjalan jinjit-jinjit dlsb.
Gejala autisme sangat bervariasi. Pada sebagian anak berperilaku hiperaktif dan agresif atau menyakiti diri, tapi ada pula yang pasif.

Mereka cenderung sangat sulit mengendalikan emosi dan sering “temper tantrum” ( menangis dan mengamuk). Kadang-kadang mereka menangis, tertawa atau marah-marah tanpa sebab yang jelas.

Selain berbeda dalam jenis gejalanya, intensitas gejala autisme juga berbeda-beda, dari yang sangat ” ringan ” hingga yang sangat ” berat”.

Oleh karena banyaknya perbedaan-perbedaan tsb diantara masing-masing individu, maka saat ini gangguan perkembangan ini lebih sering dikenal sebagai AUTISTIC SPECTRUM DISORDER atau GSA ( Gangguan Spektrum Autistik)

Autisme dapat terjadi pada siapa saja, tanpa membedakan, warna kulit, status sosial ekonomi maupun pendidikan seseorang.

Tidak semua individu ASD/GSA memiliki IQ yang rendah. Sebagian dari mereka dapat mencapai pendidikan di Perguruan Tinggi, bahkan ada pula yang memiliki kemampuan luar biasa di bidan tertentu seperti , musik, matematik, melukis dan mengingat sesuatu dengan cara yang luar biasa

Prevalensi autisme meningkat dengan cepat dan dengan jumlah angka penyandang semakin hari semakin menghawatirkan dari tahun ke tahun.

DETEKSI DINI AUTISME :

Bila gejala autisme dapat dideteksi sejak dini dan dengan melakukan penanganan yang tepat dan intensif, kita dapat membantu anak autis untuk berkembang secara optimal

Untuk dapat mengetahui gejala autisme sejak dini, telah dikembangkan suatu checklist yang dinamakan M – CHAT ( Modified Checklist for Autism in todler
Berikut adalah pertanyaan penting bagi orangtua :

1. Apakah anak anda tertarik pada anak-anak lain?

2. Apakah anak anda dapat menunjuk untuk memberitahu ketertarikannya pada sesuatu?

3. Apakah anak anda pernah membawa suatu benda untuk diperlihatkan pada anda/orangtuanya?

4. Apakah anak anda dapat meniru tingkah laku anda?

5. Apakah anak anda merespon bila dipanggil namanya?

6. Bila anda menunjuk mainan dari jarak jauh, apakah anak anda akan melihat ke arah mainan tsb?

Bila jawaban anda “tidak” 2 pertanyaan atau lebih, maka anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan profesional yang ahli dalam perkembangan anak dan mendalami autisme.

Oleh karenannya , Buka mata, Orang dekat anda mungkin salah satunya… Sadari, Kenali dan segera atasi sedini mungkin!…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s